KM Satya Kencana IX Terbakar Di Laut Jawa, 250 Penumpang Dievakuasi

04/08/2018, 18:20 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
KM Satya Kencana IX Terbakar Di Laut Jawa (Basarnas)
Share this image

JawaPos.com - Kecelakaan kapal laut kembali terjadi. Kali ini Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX  terbakar. Kapal tersebut berpenumpang 250 orang, berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Diperkirakan lokasi peristiwa berada di 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Laut Jawa.

Seperti dilaporkan Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), kebakaran tersebut diterima Kantor SAR Banjarmasin pukul 09:30 WITA. Laporan dibuat langsung oleh Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin.

Kepala SAR Banjarmasin, Mujiono membenarkan perihal peristiwa kebakaran KM Satya Kencana IX tersebut. Insiden terjadi sekitar pukul 06:30 WITA.

“Informasi yang kami dapat kejadian terjadi sekitar pukul 06.30 WITA, dan penumpang yang yang berada dalam kapal tersebut jumlahnya sekitar 250 orang,” Kata Mujiono.

Mujiono menerangkan, saat ini timnya sudah meluncur ke tempat lokasi kejadian kebakaran KM Satya Kencana untuk melakukan evakuasi.

Sebelum tiba ke tempat kejadian Mujiono telah memerintahkan kapal yang dekat dengan KM Satya Kencana IX, yakni KM Nikkie SAE diminta untuk membanti melakukan evakuasi dini. 

Sementara itu Tim SAR Banjarmasin masih belum dapat menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran. Hal tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

Lebih jauh Mujiono mengatakan, untuk menuju lokasi terbakarnya KM Satya Kencana IX membutuhkan waktu 4-5 jam perjalanan. Diperkirakan jika cuaca mendukung, baru sore ini para korban dapat di evakuasi hingga ke Pelabuhan Penumpang Trisaksi Banjarmasin.

“Ada empat kapal untuk melakukan evakuasi, terdiri dari KM Laksmana, KM Niki SAE, KM Kumala dan TB Marine,” sambung Mujiono.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi