alexametrics

Sudah Masuk Jakarta, Mutasi Covid-19 India Bisa Picu Penyebaran Super

4 Mei 2021, 15:51:00 WIB

JawaPos.com – Sudah ada dua kasus Covid-19 berasal dari mutasi ganda India masuk ke Indonesia. Selain kasus dari India, Indonesia juga menemukan kasus dari Afrika Selatan. Bahkan dua kasus tersebut terjadi di ibukota Jakarta.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan varian B117, B1617, dan B1351 adalah varian of concern yang harus diwaspadai karena memiliki beberapa karakteristik seperti disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Salah satunya menyebabkan penularan yang lebih cepat.

“Kita sebut sebagai superspreader,” kata Prof Wiku dalam keterangan virtual, Selasa (4/5).

Baca Juga: Ahli Akui Mutasi Virus dari India Miliki Strain yang Rumit

Kedua, kata dia, varian ini memengaruhi tingkat keparahan penyakit dan mempercepat gejala bagi seseorang yang terinfeksi. Awalnya gejala ringan dalam waktu singkat menjadi berat bahkan berujung pada kematian.

“Untuk blB1617 sampai saat ini masih varian of interest (VOI), tentunya VOU ini ada beberapa varian, ada sekitar ada 6-7 varian yang menjadi perhatian. Artinya jika kita menemukan varian B1617 apakah varian ini akan berkontribusi yang sama dengan varian-varian lainnya,” kata Prof Wiku.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads