alexametrics

Imam Masjid Istiqlal Berharap Ramadan Bisa Mempersatukan Umat

4 Mei 2019, 09:46:53 WIB

JawaPos.com – Tinggal hitungan hari, masyarakat di belahan dunia akan memasuki bulan Ramadan. Di bulan yang suci itu, masyarakat di dunia, khususnya di Indonesia, diharapkan kembali bersatu, usai mengalami perbedaan pilihan di pemilu serentak beberapa waktu lalu.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazaruddin Umar berharap Ramadan menjadi rahmat bagi semua pihak. Sehingga seluruh umat bisa bersatu dalam bingkai Ramadan.

“Kami berharap Ramadan menjadi rahmat bagi kita semua. Kami mengajak umat untuk mengahadapi Ramadan dengan penuh solidaritas, ketenangan, kebahagiaan, dan kedamaian,” ujar Nazaruddin dalam Multaqo Ulama di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Jumat (4/5) malam.

Nazaruddin menambahkan, di Ramadan ini masyarakat perlu menjaga lisannya. Jangan saling mencela ataupun menghina di Ramadan yang jatuh sebentar lagi ini. Ramadan perlu dijadikan masyarakat kembali lagi berkumpul dan bersatu.

“Kalau kita membiarkan suara kita menghujat orang sementara kita sedang puasa, kita tahu kan dosanya. Jadi berhentilah. Mari kita kedepankan bulan suci ramadan,” katanya.‎‎

Selain itu, mantan Wakil Menteri Agama ini juga mengatakan, masyarakat harus bersyukur dengan sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia. Pasalnya banyak negara yang tidak memberi ruang bagi warganya untuk menyampaikan aspirasi.

“Kita bersyukur Indonesia tampil menjadi negara demokrasi. Banyak negara sekarang ini ingin seperti Indonesia. Tidak bisa. (Karena) nasib mereka ditentukan oleh segelintir darah biru,” tuturnya.

Terpisah, Kiai Maimun Zubair alias Mbah Moen mengatakan di momentum jelang Ramadan ini memang sangat baik para ulama berkumpul menyambut bulan suci ini.

“Semoga Ramadan ini membawa kebahagian dan membawa umat Islam menjadi satu sebagai Pancasila,” ungkap Mbah Moen.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads