alexametrics

Sudah Kebal, Orang yang Sembuh dari Covid-19 Tak akan Menularkan Virus

4 April 2020, 17:29:56 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 150 orang dinyatakan sembuh dari virus korona atau Covid-19 hingga Sabtu (4/4). Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan masyarakat tidak perlu takut terhadap orang-orang yang dinyatakan sembuh tersebut. Pasalnya, mereka yang sembuh tidak akan menularkan virus korona ke orang lain.

“Kita bersyukur bahwa mereka yang sudah sembuh ini kondisinya bagus. Tidak perlu dikhawatirkan lagi untuk menularkan penyakit,” ujar pria yang akrab disapa Yuri di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Yuri menjelaskan, orang yang sudah dinyatakan sehat itu tidak menularkan virus korona dikarenakan mereka sudah memiliki imunitas. Sehingga masyarakat tidak perlu panik.

“Orang ini telah sembuh dan memiliki imunitas kekebalan terhadap virus Covid-19 ini,” katanya.

Yuri mengatakan, ‎yang perlu diwaspadai adalah penularan dari orang yang positif korona namun tidak memiliki gejala. Sehingga masyarakat perlu mewaspadainya.

“Inilah yang kami kenal dengan terminologi orang tanpa gangguan OTG (orang tanpa gejala). Ini menjadi potensi tinggi terjadinya penularan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Yuri memperkirakan, jumlah orang yang positif Covid-19 akan bertambah. Hal itu disebabkan hingga saat ini masyarakat yang belum melakukan physical distancing atau jaga jarak.

“Kami harapkan ini menjadi perhatian bersama. Jadikan ini menjadi titik pangkal untuk pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19. Tetap di rumah adalah jawaban terbaik,” ungkapnya.

Yuri juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Hal ini karena risiko penularan virus korona ini sangat besar. Sehingga masyarakat diharapkan mengerti tentang imbauan dari pemerintah ini.

“Mari bersama pahami bahwa ini (tetap di rumah) adalah kunci keberhasilan kita memutuskan rantai penularan,” imbuhnya.

Masyarakat juga harus menghilangkan kebiasaan menyentuh bagian wajah. Karena ini adalah salah satu risiko penularan penyakit tersebut. Tidak lupa biasakan untuk mencuci tangan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads