alexametrics

Muncul Varian Omicron, Pemerintah Harus Lakukan Mitigasi yang Tepat

3 Desember 2021, 19:11:39 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan mitigasi yang tepat untuk menangkal varian B.1.1.529 atau Omicron harus segera dilakukan agar varian baru virus korona dari Afrika Selatan itu tidak menyebar ke tanah air.

“Bila varian baru dikhawatirkan lebih berbahaya daripada varian Covid-19 lainnya, upaya mitigasi untuk mencegah masuknya varian Omicron harus dilakukan dengan tepat dan cermat,” ujar Lestari kepada wartawan, Jumat (3/12).

Menurut Lestari, pembatasan penerbangan dan pergerakan orang dari sejumlah negara yang diduga menjadi pusat penyebaran varian Omicron, harus direalisasikan secara konsisten.

Demikian juga, tambahnya, potensi pergerakan orang di dalam negeri menghadapi musim liburan akhir tahun. Kebijakan penerapan PPKM level 3 di seluruh daerah di Indonesia harus disikapi dengan bijaksana oleh masyarakat.

Keseriusan dalam mencegah masuknya varian Covid-19 yang baru itu ke tanah air, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, merupakan keharusan agar tidak terjadi ledakan kasus positif Covid-19 seperti di Juli 2021 lalu.

“Apalagi, tambahnya, pekan-pekan mendatang adalah masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yang berpotensi terjadi peningkatan pergerakan orang dari luar dan di dalam negeri,” katanya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads