alexametrics

Ma’ruf Amin: Penyandang Disabilitas Mampu Bersaing di Dunia Usaha

3 Desember 2019, 17:18:55 WIB

JawaPos.com – Hari Disabilitas Internasional 2019 diselenggarakan pada hari ini, Selasa (3/12). Peringatan ini dirasa perlu untuk memberikan dukungan, perhatian serta pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas.

Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin berkata, saat ini dunia usaha bukan hanya ditempati oleh orang-orang yang normal, akan tetapi juga mereka dengan kebutuhan khusus. Hal ini membuktikan bahwa para penyandang disabilitas mampu untuk bekerja, tidak seperti apa yang dipikirkan oleh masyarakat umum.

“Saya mendapatkan informasi adanya berbagai kiat dan perlakuan khusus yang diberikan dalam memberdayakan pekerja penyandang disabilitas,” ujarnya dalam acara tersebut di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (3/12).

Misalnya dengan tidak terlalu memberikan beban kerja yang berat agar tidak stres, memberikan target produksi yang berbeda hingga memberikan kebebasan bekerja dengan ritme sendiri.

“Dukungan bagi penyandang disabilitas untuk memastikan kesetaraan sangat luar biasa, terima kasih kepada dunia usaha,” ucapnya.

Dengan begitu, para penyandang disabilitas ini pun mulai percaya diri untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Saat ini juga telah banyak masyarakat berkebutuhan khusus yang menjalankan bisnisnya sendiri.

“Penyandang disabilitas bila diberikan kesempatan dapat menguasai bidangnya setelah beradaptasi setelah waktu yang cukup singkat. Disabilitas juga mampu jika diberikan kesempatan,” lugas Ma’ruf.

Ia pun menuturkan bahwa pihaknya akan memberikan motivasi dan semangat kepada para disabilitas tersebut. Salah satunya adalah dengan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas dan PP Nomor 70 tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi terhadap Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Itu (peraturan) harus nyata dan kontkrit untuk menghilangkan stigma masyarakat kepada penyandang disabilitas seperti dikriminasi. Pemerintah akan mendukung upaya, dengan penegasan hukum, kebijakan, peraturan, fasilitas, kita berkomitmen,” tutupnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads