alexametrics

Ma’ruf Amin Harapkan Penyandang Disabilitas Bisa Jadi Menteri

3 Desember 2019, 18:10:43 WIB

JawaPos.com – Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin mengungkapkan keinginan adanya seorang Menteri ataupun Wakil Presiden dari penyandang disabilitas. Menurutnya, konstitusi di Indonesia menjami hak-hak untuk seluruh warga negara tanpa terkecuali.

“Di negara ini penyandang disabilitas memiliki kedudukan yang sama, kesempatan yang sama, tanggung jawab dan kewajiban yang sama,” terang Ma’ruf dalam acara Hari Disabilitas Internasional 2019 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (3/12).

Sehingga tidak ada batasan atau halangan bagi penyandang disabilitas untuk mengukir prestasi di dunia pemerintahan. Sebelumnya memang sudah ada orang berkebutuhan khusus yang duduk di kursi pemerintahan. Salah satunya adalah Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) periode 2019-2024, Surya Tjandra.

“Ada bapak Surya Tjandra, Wamen ATR/BPN yang juga penyandang disabilitas, kalau sekarang wakil menteri, saya harapkan ada disabilitas yang menjadi menteri, bukan lagi wakil menteri,” tegasnya.

Selain itu juga ada Staf Khusus Presiden dari generasi milenial, Angkie Yudistia. Wanita berusia 32 tahun tersebut diketahui merupakan seorang tunarungu yang berprestasi, salah satunya adalah dengan memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas.

“Kita juga mengenal ibu Angkie Yudisti yang baru saja diangkat menjadi staf khusus presiden RI mewakili generasi milenial, siapa tau nanti bukan hanya jadi staf khusus tapi nanti juga ada yang bisa jadi wakil presiden RI,” kata dia.

Selain dari sosok yang berkecimpung di dunia politik, terdapat juga sosok hebat dari dunia olahraga, yakni atlet paralimpik Indonesia Kharisma Evi Tiarani. Meskipun, memiliki keterbatasan, dirinya mampu memecahkan rekor dunia di nomor 100 meter putri.

“Tiarani adalah gadis penyandang tunadaksa yang membuktikan dirinya mampu berprestasi ditingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa,” tambah dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads