alexametrics

Perahu di Bengawan Solo Terbalik, 11 Penumpang Selamat, 7 Belum Ketemu

3 November 2021, 19:52:57 WIB

JawaPos.com- Tragedi perahu penumpang terbalik di aliran Bengawan Solo kembali terulang. Rabu (3/11) pagi, musibah itu terjadi di penyeberangan yang melintasi wilayah Kabupaten Tuban-Bojonegoro, Jawa Timur. Tempat kejadian perkara (TKP) tepatnya di Dusun Gemblo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos.com, belum diketahui pasti berapa jumlah penumpang di perahu tersebut. Yang jelas, sekitar pukul 09.00, seperti biasanya perahu di TKP tersebut melayani penyeberangan orang dan sepeda motor. Dari TKP yang ikut wilayah hukum Tuban, para penumpang diantarkan ke wilayah Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Seiring dengan intensitas hujan yang terjadi di sejumlah daerah, debit air Bengawan Solo mengalami peningkatan. Arus air cukup deras. Warnanya keruh. Beberapa saat berjalan, perahu bertenaga disel itupun terseret arus. Driver perahu kesulitan untuk mengendalikan. Sedetik kemudian, perahu terbalik dan tenggelam.

Penumpang yang bisa berenang pun berjuang untuk menyelamatkan diri. Beruntung, tidak jauh dari TKP, ada aktivitas warga yang sedang menambang pasir di tepi Bengawan Solo tersebut. Begitu mereka mengetahui tragedi, mereka cepat melakukan pertolongan. Sejumlah perahu penambang pasir itu pun bergerak untuk mengevakuasi korban.  Tidak berselang lama, petugas dari berbagai unsur berdatangan.

Menurut Nurcholis, salah seorang agen BPBD Jatim Kabupaten Bojonegoro, jumlah pasti berapa penumpang perahu belum diketahui. Petugas gabungan terus melakukan pendataan. Namun, perkiraan sementara ada 23 orang. Hingga berita ini ditulis, penumpang yang terdata ada sebanyak 18 orang. Baik korban yang selamat maupun dalam proses pencarian.

Korban yang ditemukan dalam keadaan selamat ada sebelas orang. Selain orang, jumlah motor yang hilang ada tujuh unit. ‘’Korban yang belum ditemukan belum diketahui jumlahnya, karena operator perahu juga tidak mengetahui,’’ katanya dihubungi JawaPos.com, Rabu (3/11) malam.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: