alexametrics

Kanker Prostat, SBY Berobat ke Mayo Clinic

Jokowi Kirim Tim Dokter Kepresidenan
3 November 2021, 11:32:09 WIB

JawaPos.com – Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinyatakan mengidap kanker prostat. Pendiri Partai Demokrat itu akan menjalani pengobatan di luar negeri.

Ossy Dermawan, staf pribadi SBY, menjelaskan bahwa kanker prostat yang diderita SBY masih dalam fase stadium awal.

Setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, termasuk urolog senior, SBY memutuskan menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di luar negeri. RS tersebut berpengalaman dan memiliki teknologi mutakhir menangani kanker prostat.

”Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY via telemedicine menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,’’ ungkap Ossy dalam keterangan yang diterima Jawa Pos Selasa (2/11).

Selain itu, Ossy menyebutkan bahwa SBY telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo untuk melaporkan rencana berobatnya ke luar negeri. ”Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota tim dokter kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,’’ lanjutnya.

Ossy meyakinkan bahwa meski didiagnosis penyakit cukup serius, kondisi SBY baik. Saat ini dia tetap menjalani kegiatan sehari-hari. Misalnya, melukis, membaca, menulis, dan berolahraga. ”Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment dapat berjalan dengan baik,’’ sambungnya.

Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, membenarkan kondisi kesehatan sang ayah. AHY mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sejak pemeriksaan awal hingga keputusan SBY untuk berobat ke luar negeri. ”Semoga ikhtiar pengobatan beliau berjalan lancar sehingga bisa kembali pulih seperti sediakala,’’ ungkap AHY di media sosialnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menambahkan, meski SBY sakit, kerja Partai Demokrat tidak akan terganggu. SBY disebut akan menjalani perawatan selama 1,5 bulan di Mayo Clinic di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

”Nggak (terganggu), kan sudah di-take langsung oleh Mas AHY. Tapi, memang kami prihatin, makanya saya minta dukungan,’’ ungkap Syarief di kompleks parlemen Senayan kemarin. Dia juga menyampaikan bahwa anak-anak SBY akan turut serta mendampingi sang ayah. Kali terakhir Syarief bertemu dengan SBY pada momen diskusi kebangsaan dan menyatakan bahwa kondisi SBY masih relatif sehat.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya meminta pemerintah melalui dokter kepresidenan untuk memberikan perawatan terbaik bagi SBY. ”Para dokter istana yang dikenal ahli dapat membantu Pak SBY untuk mendapat perawatan terbaik,’’ terang Hasto.

Pemberian perawatan kesehatan terhadap mantan presiden pernah dicontohkan Ketua Umum PDIP yang juga Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri. Saat mantan Presiden Soeharto sakit, Megawati langsung meminta dokter kepresidenan memberikan perawatan kesehatan terbaik.

Walaupun ada konflik politik yang sangat keras antara keluarga Soekarno dan Soeharto, persoalan itu tidak menjadikan Megawati dendam. Dia tetap mengedepankan sisi kemanusiaan.

Maka, ketika pihaknya mendapat kabar bahwa SBY sakit, PDIP langsung mendorong istana memberikan perhatian serius dan perawatan terbaik. Pihaknya juga memanjatkan doa agar SBY segera diberi kesembuhan dan keteguhan semangat dalam menghadapi cobaan tersebut. “Politik itu sejatinya penuh dengan wajah kemanusiaan,” ucapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : deb/lum/c6/oni

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads