alexametrics

DPR Desak Kapolri Temukan Penumpang Asing dalam Kerusuhan di Papua

3 September 2019, 14:22:38 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut adanya pihak asing yang menunggangi kerusuhan di Papua beberapa waktu lalu. Kerusuhan di Papua yang terjadi telah membuat sejumlah fasilitas umum rusak.

Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani meminta, ‎Polri segera mencari tahu pihak asing tersebut. Pasalnya, lanjut Arsul, persoalan Papua ini tidak bisa dianggap sepele.

‎”Kalau Pak Kapolri menangkap indikasi adanya penumpang asing, itu harus diselidiki secara tuntas. Dan, kalau itu kemudian bisa diproses hukum harus ditingkatkan ke penyidikan,” ujar Arsul kepada wartawan, Selasa (3/9).

Arsul menambahkan, pihaknya juga akan menanyakan kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian siapa pihak asing tersebut. Sehingga natinya bisa ditindaklanjuti.

‎”Paling tidak tentu nanti disampaikan juga di forum DPR ini. Karena hal-hal yang seperti itu pasti akan mendapatkan atensi dari Komisi III,” ungkapnya.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap Polri bisa menindaklanjuti pihak asing yang diduga menunnggani kerusuhan di Papua. Ia pun mengingatkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk menindaklanjutinya.

‎Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menduga keterlibatan kelompok lain dalam rangkaian kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Kelompok itu menyebarkan propaganda melalui berita bohong.

“Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional ya. Jadi, kita harus menanganinya memang di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Tito.

Tito enggan membeberkan asal kelompok tersebut. Polisi masih mendalami keterlibatan kelompok asing dalam rangkaian kerusuhan di bumi cenderawasih. Polisi berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri mengatasi ini.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads