alexametrics

Pasien Suspek Cacar Monyet di Jateng Tak Punya Riwayat ke Luar Negeri

3 Agustus 2022, 18:08:22 WIB

JawaPos.com – Seorang warga Jawa Tengah diduga mengalami gejala mirip cacar monyet. Ia mengalami gejala demam dan bintil-bintil mirip cacar di tubuhnya. Pasien tak pernah ke luar negeri sebelumnya.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengungkapkan identitas awal pasien adalah seorang laki-laki. Hingga kini, pasien masih diisolasi dan menunggu hasil tes PCR.

“Seorang laki-laki, 55 tahun, bukan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN),” kata Syahril kepada JawaPos.com, Rabu (3/8).

Syahril menegaskan bahwa pasien merupakan suspek monkeypox. Saat ini pasien dirawat dan di isolasi di RS Swasta Jateng.

“Masih perawatan dan untuk pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan. Akan dilakukan pemeriksaan lab PCR untuk memastikannya. Bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain bukan monkeypox,” katanya.

Dalam laman resmi Pemprov Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap pemerintah pusat menjaga ketat pintu masuk ke Indonesia. Upaya tersebut diperlukan untuk mengantisipasi wabah cacar monyet yang muncul di sejumlah negara asing.

“Kami masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu, tapi masih didalami,” kata Ganjar.

Menurutnya, pasien suspek cacar monyet tersebut dalam pantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Ganjar menegaskan, pasien tersebut statusnya bergejala namun belum dapat dipastikan positif cacar monyet.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: