alexametrics

ICW Minta Dewas KPK Jatuhkan Sanksi Berat Terhadap Lili Siregar

3 Juli 2022, 16:14:39 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar belakangan ini tersiar kabar mengundurkan diri dari jabatannya. Indonesia Corruption Watch (ICW) menegaskan, meskipun Lili mengundurkan diri, tidak akan menghentikan proses pemeriksaan etik di Dewan Pengawas KPK.

“ICW mengingatkan kepada saudari Lili Pintauli Siregar bahwa mengundurkan diri sebagai Pimpinan KPK sama sekali tidak akan menghentikan proses pemeriksaan etik di Dewan Pengawas KPK,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Minggu (3/7).

Kurnia menjelaskan, dalam Pasal 32 ayat (1) huruf f jo ayat (4) UU Nomor 19 Tahun 2019 tegas mengatakan, pemberhentian Pimpinan KPK harus menunggu dikeluarkannya Keputusan Presiden. Karena itu, selama Keppres belum dikeluarkan, maka persidangan etik harus tetap digelar oleh Dewan Pengawas.

Selain itu, mesti dipahami bahwa dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Lili memiliki irisan atau kaitan dengan aspek hukum pidana, yakni suap atau gratifikasi. Jadi, sekali pun Lili mengundurkan diri, proses hukum tidak akan berhenti.

“Melihat perkembangan terkini, Dewan Pengawas mengatakan persidangan etik Sdri Lili akan dilaksanakan pada 5 Juli 2022 pekan depan. Ini menandakan Dewan Pengawas telah memiliki cukup bukti terkait dengan peristiwa dugaan penerimaan tiket perhelatan Moto GP Mandalika,” papar Kurnia.

Oleh karena itu, jika Dewan Pengawas sudah memiliki cukup bukti, ICW mempertanyakan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang hanya berdiam diri, tanpa melakukan Penyelidikan. Mestinya, Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK dapat berjalan secara paralel guna mengusut potensi pidana yang melibatkan Lili.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: