alexametrics

Pesan Wapres untuk Korban Semeru, Tolong Huntap Jangan Dijual

Pembangunan 1.951 Unit Tuntas
3 Juni 2022, 16:52:16 WIB

JawaPos.com – Pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban erupsi Semeru akhirnya selesai. Sedangkan pembangunan hunian sementara (huntara) ditargetkan tuntas dalam tiga bulan ke depan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau pembangunan huntap di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kemarin (2/6). Dia juga berdialog dengan warga. ’’Saya minta (huntap, Red) jangan dijual,’’ pesan Ma’ruf.

Dia mengatakan, tidak tertutup kemungkinan ada yang tertarik membeli huntap tersebut. Apalagi, lingkungannya asri, suasananya enak, bersih, dan menarik. Selain itu, aman dari potensi erupsi Semeru.

Ma’ruf lantas meminta agar pembangunan huntara dikebut. Dia menginginkan pembangunan selesai dalam waktu tiga bulan. ’’Sehingga masyarakat yang tertampung dapat lebih banyak lagi,’’ jelasnya.

Sementara itu, menurut catatan Kementerian PUPR, total 1.951 unit rumah telah dirampungkan untuk pengungsi Semeru. Sekitar 300 unit sudah dihuni sejak Idul Fitri awal Mei 2022. Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, setiap unit huntap berukuran 6 x 6 meter pada tanah seluas 10 x 14 meter untuk setiap kepala keluarga (KK). Lokasinya menyatu dengan huntara. ”Desain dan spesifikasi teknis huntap menggunakan prinsip build back better dengan konsep rumah tahan gempa sistem RISHA. Seluruhnya menggunakan produk dalam negeri,’’ kata Iwan kemarin (2/6).

Kompleks huntap Lumajang dibangun dengan anggaran Rp 350,55 miliar oleh kontraktor PT Brantas Abipraya dan PT Hutama Karya. Huntap mulai dibangun pada Januari 2022. Para penerima berasal dari tujuh desa di Kabupaten Lumajang. Yakni, Desa Sumbersari, Kebondeli Utara, Kebondeli Selatan, Curah Koboan, Gumukmas, Kamarkajang, dan Kajar Kuning.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/tau/c6/oni

Saksikan video menarik berikut ini: