alexametrics

Ramai-Ramai Pulang Kampung Lebih Awal

3 Mei 2021, 11:15:44 WIB

JawaPos.com – Begitu pemerintah mengumumkan larangan mudik mulai 6 Mei, para pemudik langsung siap-siap pulang kampung lebih awal. Di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, kemarin (2/5), misalnya. Puluhan penumpang memadati area tunggu. Antrean panjang bahkan terlihat di area pemeriksaan kesehatan.

Rata-rata penumpang bertiket Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Meski begitu, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyatakan, belum ada kenaikan penumpang yang signifikan hingga kemarin. Jumlah KA yang dioperasikan pun sama seperti minggu-minggu sebelumnya. ”Hari ini 20 KA di Senen, 17 dari Gambir. Kemarin juga sama.”

Soal operasional pada tanggal pelarangan mudik, Eva bakal menaati aturan pemerintah. Meski nanti tetap ada sejumlah KA yang beroperasi. Kalaupun ada yang diberangkatkan, dia memastikan KA itu tidak akan digunakan untuk mudik, tetapi hanya untuk kebutuhan khusus. Kelengkapan berkas akan betul-betul dicek oleh petugas. ”Nanti dilihat pola operasinya seperti apa. Ini masih dibahas bersama.”

Di sisi lain, Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, terlihat cukup ramai ketimbang hari sebelumnya. Jumlah penumpang meningkat pada 29 April 2021, yaitu 1.382 orang, jika dibandingkan dengan hari sebelumnya yang hanya 943 orang. Terminal Pulogebang pun sudah menyiapkan layanan GeNose untuk penumpang. Namun, layanan itu hanya bersifat acak atau sampling.

Pemantauan di Daerah

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/tau/wan/ygi/lyn/edi/c18/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads