alexametrics

Prokes Diabaikan, Jokowi Ingatkan Seluruh Pihak Tak Sepelekan Covid-19

Kerumunan Tetap Marak
3 Mei 2021, 10:42:16 WIB

JawaPos.com – Larangan berkerumun dan mudik masih saja diabaikan sebagian orang. Hingga kemarin (2/5), gelombang mudik masih saja terjadi.

Pusat-pusat perbelanjaan pun dipenuhi pengunjung yang mengabaikan protokol kesehatan (prokes).

Pantauan Jawa Pos di Pasar Tanah Abang, Jakarta, kemarin, ribuan pengunjung tampak berdesak-desakan di beberapa toko. Sebagian tidak mengenakan masker. Pasar yang dikenal sebagai pusat grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara itu terlihat padat. Saking ramainya, prokes di sana tidak berjalan.

Atas kondisi tersebut, Pemprov DKI Jakarta berkoordinasi dengan Perumda Pasar Jaya. Tujuannya, setiap pengelola pasar lebih mengetatkan prokes. Dengan begitu, pasar tidak menjadi lokasi transmisi Covid-19. Sekda DKI Marullah Matali mengungkapkan, dirinya telah meminta BP BUMD DKI Jakarta untuk menginstruksi Perumda Pasar Jaya agar mengawasi prokes. Sebab, meskipun kegiatan pasar dibuka agar roda perekonomian berjalan, prokes tetap harus dipatuhi.

”Segala potensi terjadinya lonjakan kasus akan terus kami antisipasi. Termasuk kegiatan di setiap pasar menjelang Idul Fitri. Mulai hari ini hingga seterusnya, kami akan menempatkan satgas Covid-19 untuk mengatur pengunjung dan menertibkan pelanggar prokes. Intinya, setiap pengunjung dilarang memasuki area pasar jika tidak mengenakan masker,” jelas Marullah kemarin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin juga mengingatkan akan masih berbahayanya Covid-19. Dia meminta seluruh pihak tak menyepelekan Covid-19. ”Yang sudah divaksin atau belum, yang berasal dari zona merah, oranye, kuning, atau hijau, harus tetap disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/wan/rya/deb/mia/c9/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads