alexametrics

Evaluasi Umrah Dinilai Baik, Skema OGP akan Terus Dilanjutkan

3 Februari 2022, 11:41:36 WIB

JawaPos.com – Pemberangkatan jamaah umrah Indonesia sudah berlangsung hampir satu bulan. Pertama kali diberangkatkan pada 8 Januari 2022, kini sudah lebih 8.000 jamaah Indonesia yang terbang ke Arab Saudi untuk beribadah umrah.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief pun mengatakan, pihaknya telah menggelar evaluasi bersama lintas kementerian dan lembaga yang terkait dengan penyelenggaraan ibadah umrah. Salah satunya terkait dengan pelaksanaan karantina kepulangan dan layanan di Bandara Soekarno-Hatta.

“Skema One Gate Policy (OGP) pemberangkatan jamaah umrah dinilai baik dan berhasil dengan tidak adanya kasus jamaah positif saat berangkat dan tiba di Arab Saudi,” terang Hilman dikutip, Kamis (3/2).

Menurutnya, skema OGP akan tetap dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1332 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Covid-19. Adapun, untuk pelaksanaan screening kesehatannya, akan dilakukan di asrama haji atau hotel.

“Pelaksanaan di asrama haji agar menjadi standar dan pola penanganan jamaah sebelum keberangkatan umrah di hotel-hotel,” tegas Hilman.

Sebagai informasi, evaluasi ini diikuti oleh perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, KBRI Riyadh, KJRI Jeddah, Satgas Penanganan Covid-19, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta.

Lalu, diikuti juga oleh Kantor Imigrasi Soetta, Otoritas Bandara Soetta, Angkasa Pura II Soetta, Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI), serta delapan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Asosiasi Asuransi Umrah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads