alexametrics

Satgas Tekankan Pentingnya Karantina Guna Cegah Varian Omicron

3 Januari 2022, 11:08:31 WIB

JawaPos.com – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan, prosedur kekarantinaan menjadi hal penting untuk dilakukan, mengingat varian omicron sudah terdeteksi masuk ke Indonesia dari para pelaku perjalanan luar negeri. Melalui prosedur kekarantinaan, Suharyanto berharap penularan varian baru itu dapat dicegah dan diantisipasi.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Rabu (29/12), kasus varian omicron di Tanah Air menjadi 68 setelah ada penambahan sebanyak 21 kasus. Adapun penambahan sebanyak 21 kasus itu ditemukan dari 16 WNI dan 5 WNA yang tiba dari Turki, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

“Kasus omicron yang ada di negara kita sebagian besar dari pelaku perjalanan internasional,” kata Suharyanto dalam keterangannya, Senin (3/1).

“Sehingga kebijakan kekarantinaan ini menjadi kunci supaya potensi masuk dan menularnya Varian Omicron ini bisa kita antisipasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Suharyanto juga menjelaskan bahwa langkah membuka pintu masuk kedatangan perjalanan luar negeri melalui Bandara Internasional Juand dilakukan guna mengurangi beban di Jakarta dan Manado.

Menurutnya, dari dua pintu masuk kedatangan melalui bandara udara itu, pemerintah juga telah menyiapkan tempat-tempat karantina sesuai prosedur seperti Rumah Susun (rusun) Nagrak, Wisma Atlet Kemayoran, Wisma Atlet Pademangan, Rusun Daan Mogot dan Rusun Pasar Rumput di Jakarta, kemudian Rumah Sakit Kitawijaya di Manado.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan




Close Ads