alexametrics

Tim SAR Belum Berhasil Temukan Bangkai Pesawat Secara Utuh

2 November 2018, 21:22:32 WIB

JawaPos.com – Tim SAR gabungan belum berhasil menemukan bagian pesawat Lion Air PK-LQP yang utuh. Hingga hari kelima pencarian, bagian pesawat berukuran besar yang didapat baru berupa satu roda dan satu mesin turbin.

“Sampai saat ini belum ditemukan yang utuh bagian pesawat itu. Semua berkeping-keping. Turbin sama roda ini saja yang termasuk besar. Turbin baru satu, roda juga baru satu,” kata Dansatgas SAR Lion Air JT 610 Kolonel Laut (P) Isswarto saat dikonfirmasi, Jumat (2/11).

Menurutnya, roda pesawat yang ditemukan kemarin telah diangkat ke Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 hari ini. Sedangkan, turbin pesawat yang baru ditemukan hari ini sedang dalam proses koordinasi pengangkatan menggunakan alat berat dan telah ditandai lokasi penemuannya.

Tim SAR Belum Berhasil Temukan Bangkai Pesawat Secara Utuh
Infografia Lion Air jatuh di Karawang (Kokoh Praba/JawaPos.com)

“Baru ketemu tapi pengangkatan belum karena berat. Ini tinggal angkat saja ini,” tutur dia.

Isswarto menerangkan, proses pencarian di area yang sudah dipersempit tidak mengalami kendala yang begitu berarti. Meski ombak cukup tinggi jika dibandingkan hari-hari yang lalu, kondisi tersebut masih aman dan baik untuk dilakukan penyelaman.

“Ini biasa, masih aman, bagus, untuk menyelam. Hanya sebentar lagi kan gelap, matahari sudah mau tenggelam. Dihentikan mungkin setengah lima (sore),” jelasnya.

Sebelumnya, kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 telah berhasil ditemukan. Proses pengevakuasian kotak hitam tersebut telah dilakukan dan sudah diserahkan ke pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Kotak hitam tersebut merupakan flight data recorder (FDR). Sedangkan kotak hitam lainnya, cockpit voice recorder (CVR), masih dalam proses pencarian.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (rdw/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tim SAR Belum Berhasil Temukan Bangkai Pesawat Secara Utuh