alexametrics
Lion Air JT-610 Jatuh

Pengangkatan Roda dan Badan Pesawat Gunakan Kapal Victory Pertamina

2 November 2018, 10:15:01 WIB

JawaPos.com – Kapal Victory milik PT Pertamina (Persero) direncanakan akan mengangkat roda dan badan pesawat Lion Air JT 610 dengan nomor registrasi PK-LQP di perairan Karawang, Jawa Barat. Tujuannya agar pipa Pertamina yang berada di dasar laut tidak mengalami kerusakan akibat proses evakuasi.

“Kapal itu menggunakan muring anchor empat, sehingga kapal tesebut berhenti di atas air tanpa bergerak,” kata Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi di JICT 2, Jakarta Utara, Kamis (1/11) malam.

Syaugi menuturkan, titik koordinat roda dan badan pesawat Lion Air tidak jauh dari ditemukannya kotak hitam (black box). Masih berada di radius 40 sampai 50 meter.

Itu setelah remotely operated vehicles (ROV) robot yang bisa melihat dasar laut mendeteksi titik koordinat badan pesawat. “Kami turunkan ROV, (diketahui posisinya) hanya radius 40-50 meter,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Syaugi berharap kerja sama tim SAR gabungan dapat mempercepat proses evakuasi korban serta bangkai pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang itu.

“Kami sinergi (dengan) siapapun itu, sehingga pencarian ini cepat selesai,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (rdw/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pengangkatan Roda dan Badan Pesawat Gunakan Kapal Victory Pertamina