alexametrics

Langkah Menhub Pecat Direktur Teknik Lion Air Tuai Dukungan Komeng

2 November 2018, 22:00:43 WIB

JawaPos.com – Ketegasan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang memecat Direktur Teknik Lion Air menuai banyak komentar dari berbagai kalangan. Diketahui, teknisi pemecatan itu terkait jatuhnya Lion Air JT 610 di Perairan, Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat.

Salah satu yang memberikan dukungan pada Menhub Budi Karya adalah Sekjen Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Satyo Purwanto. Ia menilai pemecatan tersebut sudah tepat, mengingat maskapai ini sudah terlalu banyak menuai kritik. Mulai dari persoalan delay sampai pelayanan yang kerap mendapat protes konsumen. 

“Pemecatan ini sudah tepat, meskipun jika di lihat dari jumlah korban harus ada sanksi lebih besar lagi,” kata Aktivis 98 yang akrab disapa Komeng kepada wartawan, Jumat (2/11).

Satyo juga menyarankan, selama proses penyelidikan berjalan pemerintah sebaiknya menahan izin terbang maskapai itu. Karena ini bukan hanya keluarga korban yang dirugikan, citra pemerintah juga dirugikan.

“Kita semua berempati dan berduka kepada keluarga korban, tapi ada baiknya ini kita serahkan semuanya kepada pihak yang berwenang, tidak ada komentar-komentar lain apalagi mengaitkan kepada kinerja Kemenhub yang dalam hal ini sudah bekerja keras,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Kemenhub dengan KNKT ujar Satyo harus melakukan investigasi secara mendalam atas kejadian ini, sesuai dengan perintah Presiden Jokowi.

“Kita mendesak agar pemerintah menginvestigasi semua pesawat Lion Air. Ini agar bisa menjadi pelajaran berharga bagi dunia penerbangan nasional. Jangan sampai menimbulkan citra negatif dunia internasional kepada penerbangan Indonesia,” ungkapnya.

Satyo juga menambahkan, kasus ini harus menjadi pelajaran semua pihak. Termasuk maskapai penerbangan lain. Termasuk Kemenhub agar segera melakukan langkah tegas lainnya.

“Jika dalam investigasi ditemukan pelanggaran, sebaiknya ada sanksi lebih tegas. Ini demi komitmen perbaikan dalam dunia penerbangan Indonesia,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (aim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Langkah Menhub Pecat Direktur Teknik Lion Air Tuai Dukungan Komeng