alexametrics

KNKT: Sulit Investigasi Penyebab Jatuhnya Lion Air JT 610 Tanpa CVR

2 November 2018, 09:46:51 WIB

JawaPos.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan, proses investigasi penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan nomor registrasi PK-LQP akan sulit dilakukan jika Cockpit Voice Recorder (CVR) tidak ditemukan. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan.

“Ya, itu akan sulit (investigasi tanpa CVR), sebab kita tidak punya data apapun,” kata Investigator Kecelakaan Penerbangan KNKT Ony Soerjo Wibowo di Kantor KNKT, Jakarta, Kamis (1/11).

Onny menjelaskan, meski sama-sama bagian dari kotak hitam (black box), namun fungsi CVR dan Flight Data Recorder (FDR) berbeda. CVR berada di kargo bagian belakang, letaknya menempel di bagian kanan. Sedangkan FDR biasanya terletak di kabin bagian depan, di dekat dapur atau pantry.

FDR berisi angka-angka atau data penerbangan, seperti kecepatan, ketinggian, dan arah pesawat. “Kalau (pun) ketemu angka itu, gambar aktualnya seperti apa? (Kalau CVR bisa menjelaskan itu),” ucap Onny.

Dia menerangkan apabila setelah dianalisis ternyata yang ditemukan bukan CVR, maka tim akan terus melakukan pencarian. Namun, kemungkinan terburuk apabila CVR tak kunjung ditemukan, maka data yang digunakan untuk investigasi adalah FDR serta puing-puing pesawat yang sudah terkumpul.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (uji/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
KNKT: Sulit Investigasi Penyebab Jatuhnya Lion Air JT 610 Tanpa CVR