alexametrics

Belum Ada Korban yang Bisa Diidentivikasi dari Gigi, Ini Penjelasannya

2 November 2018, 17:10:27 WIB

JawaPos.com – Identifikasi korban Lion Air JT-610 melalui data primer berupa gigi belum bisa dilakukan. Sebab dari puluhan kantong jenazah yang masuk ke Rumah Sakit Polri, hanya ada satu gigi yang ditemukan itupun dalam kondisi rusak.

“Sampai saat ini temuan gigi di postmortem hampir tidak ada. Hanya ditemukan satu buah gigi kondisinya sudah pecah,” ungkap Kepala Ondotologi Pusdokkes Mabes Polri Kombes Pol Agustinus yang tergabung dalam Tim DVi di Rumah Sakit Polri, Jakarta, Jumat (2/11).

Karena itu, timnya saat ini lebih banyak bekerja di antemortem. Mereka mencari data dari keluarga maupun teman terdekat yang sangat paham tentang kondisi gigi korban.

Belum Ada Korban yang Bisa Diidentivikasi dari Gigi, Ini Penjelasannya
Infografis pesawat Lion Air jatuh (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Pihak keluarga maupun rekan diminta untuk mencari tahu catatan medis ke dokter gigi yang pernah dikunjungi korban. “Sehingga nanti saat ada body part datang ke kami, kami sidah siap (melakukan proses identifikasi),” imbuhmya.

Sejauh ini, dari 212 data yang masuk, tercatat ada 24 keluarga korban yang memiliki rekam medis hingga rongent gigi korban. Lalu, 18 keluarga yang hanya berupa catatan medis saja.

Namun pihaknya berupaya untuk mencari dokter gigi yang sempat merawat para korban. Apabila tidak ada juga rekam medis gigi, kata Agustinus bisa dibantu dengan foto korban ketika masih hidup.

“Ketika tidak ada catatannya yang bisa bantu kami foto ketika yang bersangkutan dalam kondisi tersenyum. Meskipun akurasinya kurang tetapi itu membantu ketika kami harus mengkomperisasi misalnya dua objek,” tuturnya.

Sementara itu Agustinus menambahkan, dalam proses identifikasi melalui gigi, timnya berjumlah 25 orang. Terdiri dari 14 personel Pusdokkes Mabes Polri, 3 personel dari Mabes TNI, dan 8 orang dari Balai Kesehatan Penerbangan. “Data setiap kru pesawat ada semua di sana lengkap,” tukasnya. 

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Belum Ada Korban yang Bisa Diidentivikasi dari Gigi, Ini Penjelasannya