alexametrics

Badan Pesawat Ditemukan, TNI Pastikan Tak Ada Korban di Dalamnya

2 November 2018, 15:52:02 WIB

JawaPos.com – Pengangkatan badan pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, rencananya akan dilakukan pada hari ini Jumat (2/11). Dipastikan di dalam pesawat tersebut tidak ada korban.

Panglima Komando Armada I TNI Angkatan Laut Laksamana Muda Yudo Margono mengungkapkan, jika badan pesawat Lion Air JT-601 telah ditemukan oleh prajurit TNI AL Kamis (1/11) kemarin. Penemuannya berada pada jarak 400 meter dari titik awal pencarian.

“Kemarin sudah ditemukan, ngangkatnya ini yang belum bisa. Kemarin sudah ada roda pesawat,  ditujukan oleh prajurit kami,” ungkap Yudo pada wartawan Jumat (2/11).

Badan Pesawat Ditemukan, TNI Pastikan Tak Ada Korban di Dalamnya
Infografis pesawat Lion Air jatuh (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Yudo juga mengatakan, tidak terdapat korban dalam bangkai badan pesawat nahas di dasar laut tersebut. “Enggak ada (korban), hanya puing-puing saja,” jelas Yudo.

Sementara, dirinya mengaku tidak ada kendala dalam proses pencarian badan pesawat tersebut. Terkait arus laut yang cukup deras, dirinya merasa hal tersebut bukanlah masalah dalam pengangkatan badan kapal.

“Bagi kami prajurit TNI, kendala alam sangan minim untuk bisa diatasi. Untuk arus itu sudah biasa, ombak juga biasa. Cuaca bagus dan terang sekali, sehingga, ketika ada spot untuk Robot Operated Vehicle (ROV) kami fokuskan ke situ. Kendala alam sangat minimlah,” ucapnya.

ia memastikan jika para prajurit TNI sudah terlatih dengan kondisi seperti itu. “Mereka sudah terlatih menyelam, seperti Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan pasukan Intai Amfibi (Taifib) satuan penyerang bawah air, mereka profesional. Sehingga perlu kami berikan semangat dalam melaksanakan kegiatan ini,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, tim evakuasi memperluas pencarian hingga ratusan meter, guna ditemukannya bukti-bukti jatuhnya pesawat Luon Air JT-601 di perairan Karawang. “Bannya itu ada ditunjukkan kurang lebih 400 meter dari titik awal,” imbuhnya.

Selain itu, untuk pengangkatan bangkai pesawat tersebut, membutuhkan alat berat yang mampu untuk mengangkat badan pesawat yang diduga cukup untuk dievakuasi.

“Nanti kami cek kapal yang mempunyai crane, dikoordinasikan dengan Basarnas,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Badan Pesawat Ditemukan, TNI Pastikan Tak Ada Korban di Dalamnya