alexametrics

Penyebar Hoax Soal Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng Akan Ditangkap

2 Oktober 2018, 18:00:24 WIB

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan para penyebar hoax yang meresahkan masyarakat khususnya korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, akan ditangkap. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Jangan sampai muncul hoax, berita tidak benar meresahkan masyarakat tidak enak dan tidak elok, presiden instruksikan Kapolri siapapun yang dapat bencana seperti ini dan memanfaatkan keprihatinan ini untuk kepentingan yang meresahkan masyarakat segera kita tangkap,” ujar Basuki di Istana, Jakarta, Selasa (2/10).

Dia mengakui, tidak seharusnya bencana penuh duka itu malah dijadikan ajang fitnah. Seharusnya, kejadian tersebut dijadikan momentum untuk saling mengulurkan tangan.

Penyebar Hoax Soal Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng Akan Ditangkap
Infografis lokasi gempa Sulawesi Tengah (Kokoh Praba/JawaPos.com)

“(Memang) masih banyak kekurangan tapi sebaiknya disampaikan secara langsung,” tuturnya.

Untuk itu, kata Basuki, informasi terkait bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah akan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Berita-berita resmi akan kita keluarkan lewat pintu yang pasti, kita tunjuk humas BNPB untuk beri penjelasan akurat ke masyarakat sedangkan yang lain disesuaikan dengan pokok informasi yang disusul oleh badan resmi yang kita tunjuk,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Penyebar Hoax Soal Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng Akan Ditangkap