PPATK Telusuri Rencana Sumbangan Rp 2 T Keluarga Akidi Tio

2 Agustus 2021, 15:49:55 WIB

JawaPos.com – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) angkat bicara terkait rencana sumbangan yang mencapai Rp 2 triliun, dari keluarga almarhum Akidi Tio untuk membantu penanganan Covid-19. Hal ini setelah ramai diperbincangkan publik terkait sosok keluarga pengusaha asal Aceh, almarhum Akidi Tio yang ingin menyumbangkan bantuan bernilai fantastis.

Bantuan itu mulanya akan diserahkan ke Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Eko Indra Heri, pada Senin (26/7) yang merupakan rekan dekat almarhum Akidi Tio. Tetapi justru kini, muncul kabar rencana bantuan Rp 2 triliun itu adalah kabat bohong alias hoaks.

“Kita harus melihat dahulu apakah sumbangan itu hanya sebatas pernyataan atau komitmen, atau nantinya benar-benar akan terjadi penyerahan uang atau aset,” kata Kepala PPATK Dian Ediana Rae kepada JawaPos.com, Senin (2/8).

Dian menyampaikan, jika bantuan itu nantinya benar diberikan PPATK akan secara langsung menelusuri sumber dana maupun penggunaannya. Melihat dana yang disumbangkan bernilai triliunan rupiah.

“Tentu saja PPATK sesuai tugas dan fungsinya akan tetap melakukan analisis dan pemeriksaan terkait sumber dana yang dihibahkan maupun penggunaanya nanti. Ini dimaksudkan untuk kehati-hatian dan memastikan bahwa uang yang diberikan atau dihibahkan itu benar-benar berasal dari sumber yang dapat dipertanggung-jawabkan, walaupun uang itu diniatkan disumbangkan untuk kepentingan publik,” cetus Dian.

Menurutnya, apabila uang tersebut diberikan melalui individu pejabat negara, tentu sebagai pejabat publik wajib melaporkan kepada KPK maupun penyumbang, dan calon penerima.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads