alexametrics

Kemenag Setuju Distribusi Kurban Idul Adha Tak Gunakan Plastik

2 Agustus 2019, 09:05:33 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau kepada warganya agar di Idul Adha ini pendistribusian daging kurban tidak menggunakan plastik. Sehingga bisa mengurangi sampah plastik.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama (Kemenag), Muhammadiyah Amin mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pendistribusian daging kurban tersebut bisa diganti dengan menggunakan daun pisang.

“Jadi menurut saya adanya imbauan untuk tidak menggunakan plastik itu saya sangat setuju. Kalau perlu pakai daun itu lebih bagus, bau amisnya bisa hilang,” ujar Amin di Kantor Kemenang, Jakarta, Jumat (2/8).

Amin menambahkan ‎Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat perhatian dengan warganya. Misalnya tidak baik menggunakan kantong plastik hitam. Selain itu juga Pemprov sangat fokus untuk menggurangi penggunaan platik.

‎”Apalagi kalau plastik yang hitam itu lebih tidak bagus menurut saya. Kalau pemerintah daerah punya perhatian seperti itu, menurut saya bagus,” katanya.

Bahkan menurut Amin, di lingkungan Sekretariat Negara (Sesneg) sudah tidak lagi menggunakan plastik. Sehingga pemerintah juga ingin mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap plastik.

“Pemerintah juga sudah menekankan untuk tidak pakai plastik, di instansi pemerintah di Setneg sudah tidak lagi menggunakan minuman kemasan langsung ada gelas ada tekonya untuk memberikan minuman,” ungkapnya.

Lebih lanjut Amin mengatakan, Kemenang akan menyampaikan ke pengurus Masjid Istiqlal supaya tidak menggunakan plastik untuk pendistribusian daging kurban ke masyarakat.

“Saya akan menyampaikan ke Istiqlal mitra Kementerian Agama tidak lagi menggunakan plastik,” pungkasnya.

Sekadar informasi,‎ imbauan tidak menggunakan plastik tertuang dalam Seruan Gubernur (Sergub) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019. Seruan itu juga memuat anjuran kepada ulama agar memberikan pemahaman keagamaan tentang pentingnya mencegah kerusakan lingkungan akibat penggunaan kantong plastik.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau supaya masyarakat tidak menggunakan plastik sekali pakai untuk wadah daging kurban.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads