alexametrics
Laporan Naufal Widi dari Makkah

Arab Saudi Keluarkan Aturan Baru Karantina

2 Juli 2022, 10:47:34 WIB

JawaPos.com – Dua hari menjelang closing date atau batas akhir penerbangan haji, ada tujuh visa jemaah yang belum rampung. Kementerian Agama (Kemenag) tetap menargetkan kuota jemaah Indonesia yang berjumlah 100.051 orang bisa terisi seluruhnya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief menjelaskan, pihaknya menetapkan batas akhir proses visa pada 29 Juni. Namun, masih ada waktu penyelesaian hingga 3 Juli.

”Kami ingin mengejar 100 persen,” ujar Hilman. Hingga kemarin (1/7), lebih dari 86 ribu CJH Indonesia tiba di Tanah Suci.

Sementara itu, Arab Saudi kembali mengeluarkan aturan baru terkait dengan keberangkatan CJH. Yaitu, jemaah wajib menunjukkan hasil swab PCR negatif paling lama 72 jam sebelum keberangkatan. Aturan itu dikeluarkan per 1 Zulhijah 1443 Hijriah atau 1 Juli 2022 kemarin.

Padahal, pada 30 Juni lalu, Saudi mengeluarkan aturan swab PCR minimal 48 jam. Ditarik ke belakang lagi pada awal Maret, Saudi telah menghapus aturan karantina dan swab PCR. Dari Kemenag, belum ada komentar soal aturan baru dari Saudi tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fal/lyn/wan/c14/cak

Saksikan video menarik berikut ini: