alexametrics

Tambah Gate di Warugunung

2 Juni 2019, 15:00:10 WIB

JawaPos.com – Pemudik asal Surabaya yang akan mudik ke arah barat saat ini benar-benar dimanjakan. PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) baru saja menambah jumlah gardu. Sebelumnya, hanya ada sepuluh gardu. Empat untuk exit dan enam sisanya untuk entrance. Kini, total ada 22 gardu di Warugunung.

“Ada tambahan 12 pintu, 7 untuk keluar dan 5 untuk masuk,” jelas Manajer Operasional Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) Ervan Affandi. Gardu tambahan itu dioperasikan sejak H-10 Lebaran. Diharapkan, antrean panjang yang sempat terjadi tahun lalu tidak terulang tahun ini.

Tim Jawa Pos yang menggunakan Honda Mobilio menyelesaikan perjalanan Surabaya-Ngawi melalui tol dalam dua jam dengan biaya Rp 174 ribu. Kondisi rest area mulai Surabaya hingga Ngawi cukup layak. Beberapa di antaranya punya area yang luas dengan fasilitas lengkap.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto memantau pengamanan dan arus mudik 2019 di rest area Km 575 Tol Solo-Ngawi.(Deni Kurniawan/Jawa Pos Radar Ngawi)

Terdapat enam rest area di sepanjang rute itu. Yang paling dekat dengan start awal adalah rest area di Km 726. Tempatnya cukup luas dengan fasilitas masjid, minimarket, toilet, dan SPBU. SPBU berikutnya terletak di rest area Km 626 di Madiun.

SPBU tersebut juga menerapkan sistem self-service. Pembeli mengisi sendiri ke tangki dengan bantuan karyawan SPBU. Itu menjadi pengalaman tersendiri bagi pemudik. Misalnya, yang dialami Tri Harsono, pengemudi yang mudik ke Wonosobo. ”Orang kita bayar, tapi suruh isi sendiri. Tapi, dengan begini, saya jadi tahu gimana cara isi bensin,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (din/c18/tom)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua