alexametrics

Jokowi Akui Faktor Cuaca Memengaruhi Pesatnya Penyebaran Covid-19

2 April 2020, 11:38:48 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan, faktor cuaca turut mempengaruhi penularan virus korona atau Covid-19. Hal ini membuat masyarakat tetap diminta untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Kalau kita lihat dengan musim yang ada sekarang, saya kira cuaca juga sangat mempengaruhi berkembangnya Covid-19 ini,” kata Jokowi dalam rapat terbatas lanjutan antisipasi mudik 2020 melalui video conference di Istana Bogor, Kamis (2/4).

Jokowi tak merinci soal kaitannya musim dengan mewabahnya Covid-19. Namun, ia mengatakan bahwa Indonesia akan memasuki puncal musim panas pada Agustus 2020 mendatang.

Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, Jokowi menegaskan bahwa protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat. Skenario jarak aman dan PSBB harus sejalan antara pemerintah pusat dan daerah.

“Jaga jarak yang aman ini sesuai protokol kesehatan dengan kedisiplinan yang kuat saya kira akan berikan pengaruh yang besar terhadap jumlah yang positif Covid-19,” ucap Jokowi.

Oleh karena itu, pada level hilir, Jokowi menginginkan pengendalian penyebaran Covid-19 harus melibatkan satuan pemerintahan terkecil, misalnya keluruhan, desa, hingga RT/RW. Menurutnya, mereka dapat melakukan pengawasan terhadap pemudik dari Jabodetabek yang baru tiba di kampung halamannya.

“Pengawasan dan pengendalian di level daerah, utamanya di level kelurahan dan level desas sekarang ini saya lihat sudah mulai digerakkan oleh daerah dan mulai bergerak,” ucap Jokowi.

Jokowi mengharapkan, partisipasi masyarakat di satuan terkecil dapat bergerak dengan baik sebagai upaya pencegahan menularnya Covid-19. Pemudik yang tiba di kampung halaman harus mengisolasi diri selama 14 hari karena statusnya ODP.

“Saya ingin mendorong agar ada partisipasi di tingkat komunitas baik itu RW maupun RT,” tegasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads