alexametrics

Sapa Petani Garam, Khofifah Langsung Telepon Menteri Luhut

2 April 2018, 22:58:19 WIB

JawaPos.com – Aksi telepon menteri kembali dilakukan oleh calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kali ini, giliran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan yang dihubungi oleh cagub dengan nomor urut satu ini.

Aksi telepon Menteri ini dilakukan Khofifah usai melakukan dialog dengan para petani garam Pakal, Surabaya, Senin, (2/4). Mereka memengeluhkan adanya kebijakan impor garam konsumsi dan juga masalah penurunan harga yang sangat memberatkan petani. Usai tersambung, Khofifah lantas meminta Ketua Petani Garam Pakal, Abdul Kholid untuk berbincang langsung dengan Luhut.

“Saat ini harga garam Rp 300 ribu per ton. Padahal total biaya operasional pengangkutan dari tambak ke jalan raya,  karung dan semuanya selalu di atas Rp 120 ribu per ton,” kata Kholid dalam percakapan selulernya.

Khofifah Indar Parawansa
TELEPON MENTERI: calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa langsung menelepon Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan terkait persoalan garam, Senin (2/4). (dok.Timses Media Khofifah-Emil)

Selain itu, Kholid juga menyampaikan keluhannya terkait impor garam. Ia berharap, pemerintah membuat suatu kebijakan yang berpihak kepada para petani garam. Terutama pada musim panen raya. Kholid juga meminta agar ada penetapan harga atas dan harga bawah.

“Nyatanya saat ini saat panen raya, justru ada gelontoran garam impor. Banyak garam konsumsi juga diimpor. Izinnya berapa yang didatangkan sering kali lebih dari yang diizinkan,” tegasnya.

Usai menyampaikan semua keluhannya, Kholid lantas memberikan apresiasi kepada Khoffiah. Ia menyebut, cara mengatasi masalah mantan Menteri Sosial (Mensos) era Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini cukup cepat dan responsif.

“Ibu Khofifah hebat. Kami ini se-Pakal, petani tambak, dan se-Surabaya ingin agar Ibu Khofifah jadi Gubernur. Kalau sudah jadi gubernur jangan sampai melupakan kami,” kata Kholid.

Sementara itu, Khofifah mengungkapkan ada banyak hal yang telah didapatkannya selama melakukan navigasi program. Ia sengaja menghubungi pejabat pengambil keputusan utama seperti menteri untuk mempercepat penyelesaian masalah di lapangan.  

“Saya memang beberapa kali begini (telepon Menteri) saat melakukan kunjungan, saya mencoba komunikasi ke orang yang membuat kebijakan utama. Dan Alhamdulillah bersambung ke Pak Menko Maritim,” kata Khofifah.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sapa Petani Garam, Khofifah Langsung Telepon Menteri Luhut