alexametrics

KPK-PPATK Diminta Telisik Rekam Jejak Calon Hakim Ad Hoc Tipikor

2 Maret 2022, 15:28:01 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 11 orang telah lolos seleksi tahap kedua dengan kategori kualitas sebagai calon Hakim Ad Hoc tindak pindana korupsi (Tipikor) Mahkamah Agung (MA).

Anggota Komisi Yudisial (KY) Siti Nurdjanah mengatakan, tahap selajutnya 11 orang yang lolos tersebut akan menjalani tes seleksi kesehatan dan kepribadian. Tes tersebut dilakukan pada 1-12 Maret 2022.

“Yang lulus hanya 11 orang dan sekarang ini KY sedang mengadakan antara tanggal 1 sampai 12 Maret ada tes kepribadian, asesmen kepribadian dan kompetensi,” ujar Siti dalam diskusi secara daring, Rabu (2/3).

Setelah itu nantinya KY juga akan menelusuri rekam jejak dari para 11 orang yang telah lolos seleksi tersebut. KY akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melihat rekam jejak mereka.

“Karena bekerja sama dengan KPK itu KY bisa mengetahui bagaimana calon peserta ini secara disiplin melaporkan LHKPN, dan tentunya LHKPN yang dilaporkan itu jelas sumbernya, bisa dipertanggung jawabkan antara lain itu,” katanya.

Selain itu, KY juga mengandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) guna menelusuri berbagai macam transaksi terhadap para calon Hakim Ad Hoc tersebut. Apakah ada atau tidaknya transaksi mencurigakan.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: