alexametrics

Sinyal Kotak Hitam dan Bangkai Pesawat Ditemukan di Perairan Karawang

1 November 2018, 11:10:05 WIB

JawaPos.com – Hari keempat setelah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610, Tim SAR gabungan kembali melakukan evakuasi korban di perairan Karawang, Jawa Barat. Fokus pencarian yakni untuk badan pesawat dan kotak hitam (black box).

Pantauan JawaPos.com di perairan Karawang, sejak pukul 07.00 cuaca terlihat kondusif dan mendukung upaya pencarian. Begitu juga dengan angin serta gelombang laut, dilaporkan tenang sehingga aman bagi para penyelam.

Dari Kapal LCU KRI Banda Aceh, penyelam dipersiapkan sebanyak 25 orang dan dibagi menjadi beberapa tim. Sebanyak dua orang diturunkan terlebih dahulu ke dasar laut yang dalamnya mencapai 30-35 meter.

Sinyal Kotak Hitam dan Bangkai Pesawat Ditemukan di Perairan Karawang
Kadis Penyelamatan Bawah Air TNI AL Ko Armada I Kolonel (L) Monang Sitompul. (Yesika Dinta/JawaPos.com)

Kadis Penyelamatan Bawah Air TNI AL Ko Armada I Kolonel (L) Monang Sitompul mengatakan, timnya telah menerima instruksi dari KRI Rigel bahwa titik di bawah kapalnya merupakan posisi bangkai pesawat. Dua penyelam tersebut pun diarahkan menyelam selama 10 menit.

“Di bawah ini ditemukan suspect object yang panjangnya kurang lebih 20 meter, lebarnya 5 meter. Sehingga kita harus ke bawah apakah itu benar bangkai pesawat Lion 610,” ujar pimpinan Kapal LCU KRI Banda Aceh itu saat melepas penyelam, Kamis (1/11).

Kemudian, selain spot yang ada di bawah kapal yang juga ditumpangi JawaPos.com saat ini, hasil deteksi juga datang dari Kapal Baruna Jaya I. Disinyalir, keberadaan black box telah ditemukan.

“Di spot yang ditemukan oleh tim BNKT Basarnas, di sana ada serpihan pesawat hingga diperkirakan ada black box. Berdasar hasil sinyal yg diterima oleh pinklocater,” kata Monang.

Mendengar sinyal tersebut, tim penyelam TNI AL pun dikerahkan, sebanyak delapan orang menaiki perahu karet menghampiri lokasi Kapal Baruna Jaya I. “Delapan orang tadi mencari black box berdasarkan hasil data yang diterima oleh tim Basarnas. Kalau di spot ini kita mencari hasil data dari KRI Rigel,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sinyal Kotak Hitam dan Bangkai Pesawat Ditemukan di Perairan Karawang