alexametrics

Membongkar Kebenaran Gaji Pilot Lion Air Rp 3,7 Juta Per Bulan

1 November 2018, 20:18:41 WIB

JawaPos.com – Data BPJS melaporkan jika gaji yang diterima Pilot maskapai Lion Air hanya sebesar Rp 3,7 juta per bulan. Angka itu kemudian menjadi polemik. Sebab, penghasilan dari karir yang cukup favorit ini hampir setara UMP DKI Jakarta yang sebesar Rp 3.648.035 per bulan.

JawaPos.com coba menelusuri kebenaran angka tersebut. Berdasarkan data glassdoor per 29 Oktober 2018, rata-rata gaji pilot maupun co-pilot di seluruh dunia berada di kisaran USD 109,5 ribu per tahun atau setara Rp 1,64 miliar (kurs Rp 15 ribu).

Dia merincikan, untuk gaji terendah yang diterima pilot sebesar USD 47 ribu atau Rp 705 juta per tahun dan tertinggi USD 192 ribu atau Rp 2,9 miliar.

Wakil Ketua Federasi Pilot Indonesia (FPI) Captain Ali Nahdi mengungkapkan jika gaji pilot di dalam negeri tidak mungkin sebesar Rp 3,7 juta per bulan. “Ya enggak lah, enggak segitu,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (1/11).

Menurutnya, setiap gaji pilot berbeda-beda di setiap maskapai. Apalagi, mereka juga masih mendapat insentif lainnya.

Dia menyebutkan seperti Cadet Pilot, Second Officer, First Officer dan Captain berbeda-beda penghasilannya. Ada yang mereka sudah melakukan negosiasi, ada juga yang sudah mengikuti aturan baku dari maskapai itu sendiri.

“Dia (soal gaji) berbeda-beda, Co-Pilot beda, junior beda, lagi tranining beda, jadi nggak sampai kesitu. Kalau luar negeri kan ada averagenya berapa. Ada yang mereka kategori charter flight, ada yang flying school, ada juga yang 121 itu seperti airlines. Semua berbeda, dia training dulu beda. Jadi training ada yang memberikan uang saku, ada yang memberikan gaji awal. Penghitungan take home pay. Ada juga yang dia masuk kemudian negosiasi (gaji),” jelasnya.

Captain Ali juga menegaskan jika penghasilan pilot sepangkat captain ataupun co-pilot yang memiliki tiga garis dipastikan memiliki penghasilan dobel digit alias di atas Rp 10 juta. Bahkan, untuk yang 1 garis maupun 2 garis juga tidak menutup kemungkinan menerima gaji dobel digit.

“Kalau dia ngajar dapet tambahan dan sebagainya. Itu namanya instruktur,” tegasnya.

Sementara itu, Sekjen Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Tengku Burhanuddin mengatakan hal senada. Menurutnya, gaji pilot di setiap maskapai berbeda-beda. Dia juga tidak percaya jika penghasilan pengemudi pesawat itu hanya sebesar Rp 3,7 juta per bulan.

“Kalau pemula beda-beda. kita mesti tahu komponen gaji dengan take home pay. Kalau gaji itu nggak besar-besar, kalau take home pay tergantung dia terbang,” ungkapnya.

Tengku juga tidak menampik jika gaji pokok pilot pemula berkisar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta. Menurutnya, itu penghasilan pada awal 2018.

“Iya benar itu dulu segitu (awal tahun), tapi kalau sekarang saya nggak tahu,” terangnya.

Meski tidak terlalu besar, namun insentif yang diterima pilot terbilang tinggi. Ditambah lagi, gaji yang diterima pilot Indonesia adalah penghasilan bersih.

“Luar negeri besar tapi mereka kotor. Jadi masih harus bayar pajak dan lain sebagainya, kalau pilot kita kan utuh,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Membongkar Kebenaran Gaji Pilot Lion Air Rp 3,7 Juta Per Bulan