alexametrics

Majalah Pesawat Ditemukan di Dasar Laut, Posisinya Terbuka Sendiri

1 November 2018, 00:29:15 WIB

JawaPos.com – Basarnas mulai menemukan titik terang keberadaan pesawat Lion Air JT-610 di hari ketiga, Rabu (31/10). Tim evakuasi menemukan beberapa bagian kecil dari pesawat nahas tersebut. Termasuk, menemukan majalah yang biasa ada di dalam pesawat.

Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi mengatakan, pihaknya berharap temuan tim penyelam tersebut merupakan bagian dari badan pesawat yang masih dicari.

“Kita berharap itu badan pesawat lebih besar. Karena baru bagian kecil saja seperti kursi, life jacket, dan baju-baju yang muncul,” kata Syaugi pada wartawan, Rabu (31/10)

Majalah Pesawat Ditemukan di Dasar Laut, Posisinya Terbuka Sendiri

Dalam pencarian tersebut petugas menggunakan Robot Operated Vehicle (ROV). Alat tersebut merupakan teknologi yang digunakan tim evakuasi dalam mengamati pergerakan di dasar laut.

“Ada majalah yang kalau kita naik pesawat itu ada di depan. Ketika didekatkan ROV, majalahnya terbuka sendiri. Artinya baru saja majalah itu berada di tempat itu,” ungkap Syaugi saat melangsungkan konferensi pers di kawasan JITC II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Kalau sudah lama, majalah itu tertutup dan banyak pasir. Jadi kita bisa melihat itu bagian dari majalah yang ada di pesawat,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, dari temuan di dasar laut dengan menggunakan ROV, tim penyelam sudah dekat dengan titik lokasi bagian pesawat besar.

“Jadi majalah, baju banyak tercecer di dasar laut. Saya yakin dengan kondisi seperti itu, bodi pesawat ada di sekitar itu,” jelasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/dik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Majalah Pesawat Ditemukan di Dasar Laut, Posisinya Terbuka Sendiri