alexametrics

Komandan Satgas SAR: Black Box Lion Air Ditemukan Sejak 09.30 WIB

Sudah Diserahkan ke KNKT
1 November 2018, 13:00:50 WIB

JawaPos.com – Komandan Satuan Tugas Search and Rescue (Dansatgas SAR) TNI AL Kolonel Laut (P) Isswarto membenarkan adanya temuan kotak hitam atau black box milik pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh pada Senin (29/10) lalu. Black box ditemukan di perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11).

“Kapal Baruna Jaya I menemukan sinyal black box. Sekarang sudah diangkat. Black box sudah selesai diambil oleh tim penyelam kami,” ujarnya di atas Kapal LCU KRI Banda Aceh.

Ia menjelaskan, black box telah dilakukan proses pengangkatan sejak pukul 09.30 WIB oleh penyelam TNI AL. Letaknya pun sempat bergeser dari prediksi awal.

Penyelam saat menaikan black box Lion Air JT 610
Penyelam saat menaikan black box Lion Air JT 610 ke perahu Kopaska AL, Kamis (1/11). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

“Tadi sekitar jam 9.30 WIB. Letak bujurnya agak sedikit bergeser. Sesuai dengan update yang dilakukan Basarnas maupun kemarin oleh Kemenhu, (posisi tadi) itu jatuhnya semakin ke selatan,” terang dia.

Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmada I itu menyebutkan, black box masih dalam kondisi baik. Kemudian, pihaknya segera menyerahkannya ke Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT).

“Black box sudah berada di pihak yang berwenang, kami menyerahkan ke KNKT. Kondisi masih bagus. Kita tunggu saja nanti dokumentasinya,” kata Isswarto.

Sementara itu, hari ini tim gabungan SAR juga telah menemukan berbagai serpihan, baik bangkai pesawat maupun tubuh korban. Benda terbesar yang ditemukan, yakni bagian jendela pesawat. Ada juga jenazah korban dalam kondisi tidak utuh.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Komandan Satgas SAR: Black Box Lion Air Ditemukan Sejak 09.30 WIB