alexametrics

Cerita Sertu Hendra Mengangkat Black Box Lion Air di Perairan Karawang

1 November 2018, 16:39:22 WIB

JawaPos.com – Pencarian black box atau kotak hitam pesawat Lion Air nomor registrasi PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat akhirnya membuahkan hasil. Jejak rekaman penerbangan tersebut telah ditemukan oleh prajurit Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI Angkatan Laut, Sertu Hendra.

Kotak hitam tersebut ditemukan di perairan Karawang pada kedalaman sekira 30 meter di dasar laut, Kamis (1/11) pagi. Sebenarnya kotak hitam itu telah ditemukan sejak kemarin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, namun kendala arus menjadi sulit untuk dilakukan proses pengangkatan.

Hendra merupakan penyelam handal dari TNI AL yang dikerahkan khusus mencari black box pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang itu. Dia turut serta bergabung dalam tim SAR pencarian korban pesawat Lion Air JT 610.

Black box Lion Air JT 610
Proses pengangkatan black box milik pesawat Lion Air JT 610, pada Kamis (1/11). (Salman Toyiba/Jawa Pos)

Menurut Hendra, saat melakukan penyelaman dirinya sulit untuk mengangkat kotak hitam tersebut. Pasalnya kotak hitam itu berada di dasar laut yang dipenuhi oleh serpihan pesawat dan lumpur dasar laut.

“Untuk counter bawahnya memang agak lumpur, agak sulit dan serpihan pesawat dimana-mana,” kata Hendra di atas Kapal Baruna Jaya, perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11).

Hendra sempat putus asa ketika melakukan penyelaman, karena tidak banyak ditemukan bongkahan. Hanya bongkahan-bongkahan kecil.

“Tapi kami terus ikuti alat. Kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan sinyal tersebut lalu kami gali-gali, dan ternyata kami mendapatkan black box,” akui Hendra.

Sebelumnya, Tim SAR telah menemukan black box atau kotak hitam milik pesawat Lion Air JT 610 PK-LQP di perairan Karawang, Jawa Barat. Kotak hitam tersebut ditemukan oleh tim penyelam dari TNI AL.

“Satu black box ditemukan oleh anggota penyelam TNI AL,” kata Komandan Satgas SAR pencarian Lion Air, Kolonel Iswarto kepada JawaPos.com, Kamis (1/11).

Iswarto menuturkan, kapal Baruna Jaya milik BPPT mendeteksi sinyal keberadaan kotak hitam yang kemudian ditindaklanjuti oleh tim penyelam TNI AL. Diduga Sertu Hendra anggota Tiafib Marinir adalah orang yang menemukan kotak hitam tersebut.

“Jadi, deteksi dari KN Baruna Jaya, tim penyelam TNI AL langsung menindaklanjuti,” paparnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Cerita Sertu Hendra Mengangkat Black Box Lion Air di Perairan Karawang