alexametrics

100 Penyelam Dikerahkan Angkut Kotak Diduga Black Box Lion Air JT-610

1 November 2018, 11:25:17 WIB

JawaPos.com – Tim Search and Rescue (SAR) pada hari keempat kembali melakukan proses pencarian bangkai pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10). Bahkan tanda-tanda black box atau kotak hitam milik pesawat Boeing 737 Max 8 diduga telah ditemukan.

Kabasarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan, pihaknya mengerahkan 100 orang penyelam dan Remotely Operated Vehicles (ROV) untuk memastikan keberadaan kotak hitam tersebut.

“Kami turunkan ROV dan melihat banyak kepingan pesawat dan ping locater dari black box pesawat,” kata Syaugi di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11).

Syaugi menuturkan, pagi ini wilayah fokus pencarian bangkai pesawat Lion Air JT 610 cukup tenang. Sehingga dimungkinkan para penyelam dapat fokus menemukan black box tersebut.

“Makanya kami ingin itu ada bagian body yang besar kemungkinan ini pasti ada karena dengar suara ping locater tadi. Berarti black box ada di situ, berarti bagian besar masih ada di situ kesulitannya arus itu,” paparnya.

Syaugi menuturkan, pihaknya segera melakukan pengangkatan black box dengan bantuan 850 personel gabungan.

“Total personel kami 850, sudah banyak. Makin banyak, makin bingung kendali. Ya kami profesional dalam tugas ini. Yang saya butuhkan dari kalian adalah doa dan semangat supaya kami tetap kuat,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
100 Penyelam Dikerahkan Angkut Kotak Diduga Black Box Lion Air JT-610