alexametrics

Korea Akan Kirim Tim SAR Bantu Pencarian Korban Bencana Palu

1 Oktober 2018, 08:00:06 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Republik Korea berencana akan mengirimkan Tim SAR Republik Korea ke Indonesia untuk membantu pencarian korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Jumat (28/9) lalu.

Berdasarkan rilis yang diberikan oleh Kedutaan Besar Republik Korea, Senin (1/10), saat ini pemerintah Republik Korea akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemerintah Indonesia dan kementerian terkait.

“Pemerintah Republik Korea akan berkonsultasi dengan kementerian terkait dan pemerintah Republik Indonesia untuk mempertimbangkan pengiriman tim SAR Republik Korea ke Indonesia,” ujar Perwakilan Kedutaan Besar Republik Korea melalui siaran pers-nya.

Tidak hanya itu, Pemerintah Republik Korea juga akan menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta USD kepada pemerintah Republik Indonesia atas bencana tersebut.

Bantuan itu diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang menjadi korban gempa dan tsunami. Mengingat bencana tersebut menelan banyak korban jiwa dan kerugian harta benda yang luar biasa.

“Bantuan kemanusiaan tersebut diharapkan bisa turut mempercepat proses pemulihan awal dan memenuhi kebutuhan darurat bagi warga setempat,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia pada 30 September 2018, diketahui terdapat korban meninggal sebanyak 832 orang, 540 orang luka-luka, dan 29 orang belum ditemukan.

Sebelumnya, Presiden Korea Moon Jae In juga telah mengirimkan surat kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk berbelasungkawa atas bencana yang terjadi.

Diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 dan tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). 

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : (dmp/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Korea Akan Kirim Tim SAR Bantu Pencarian Korban Bencana Palu