alexametrics

DPR Wacanakan Tambah Anggaran BMKG, Ini Alasannya

1 Oktober 2018, 15:28:31 WIB

JawaPos.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan evaluasi atas bencana yang menimpa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Atas dasar itu, lembaga legislator mewacanakan untuk meningkatkan anggaran bagi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Demikian yang disampaikan oleh Anggota komisi V DPR RI Alex Indra Lukman. Dia menyebutkan penambahan anggaran itu bisa digunakan untuk peningkatan mutu dari alat-alat penanganan bencana yang lebih baik.

“Saya rasa salah satu rekomendasi (meningkatkan anggaran) kita akan seperti itu. Karena kita harus menyadari bahwa bumi pertiwi ini dikelilingi daerah yang rawan bencana,” kata Alex di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (1/10).

Menurutnya, peningkatan anggaran BMKG dinilai penting bagi negara yang masuk dalam indeks rawan bencana, seperti Indonesia. Dengan tekonologi terkini, kata dia, diharapkan dapat meminimalisir korban bencana.

“Kita harus bisa memanfaatkan teknologi kekinian untuk bisa mengurangi korban-korban akibat bencana,” tuturnya.

Selain itu, dia juga menyebutkan, saat ini paradigma Indonesia dalam menghadapi bencana juga harus diubah. Dia bilang, fokusnya harus pada pencegahan korban dengan cara peningkatan teknologi dengan mutu tinggi.

“Memang kita menyadari anggaran yang minim untuk BMKG. Itu yang saya katakan tadi, paradigma kita harus bergeser dari fokus menghadapi setelah bencana terjadi lebih baik fokus ke teknologi untuk meminimalisir korban apabila bencana terjadi,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (aim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
DPR Wacanakan Tambah Anggaran BMKG, Ini Alasannya