alexametrics
Gempa Donggala dan Palu

5.000 Ton Beras dan Makanan Siap Saji Akan Dikirim ke Sulteng

1 Oktober 2018, 17:02:02 WIB

JawaPos.com – Berbagai lembaga kemanusiaan terus bergerak membantu korban tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Di antaranya Aksi Cepat Tanggap (ACT). Barang-barang logistik mulai dikirim, terutama makanan agar pengungsi tidak kelaparan.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) rencananya akan memberikan bantuan logistik berupa 5.000 ton beras dan makanan siap saji. Pengiriman difokuskan dalam 10 hari pertama sejak bencana terjadi.

“Dalam pekan ini nggak ada yang lebih penting dari men-drop logistik makanan sebanyak-banyaknya, pastikan pengungsi tidak kekurangan makanan, bahkan kelaparan,” ujar Presiden ACT Ahyudin saat menggelar konferensi pers di Menara 165, Jakarta Selatan, (1/10).

Dia menyebutkan, saat ini sudah ada 253 relawan yang turun dan bertindak sebagai tim rescue untuk membantu evakuasi korban di Palu dan Donggala. Pihaknya menargetkan untuk mengumpulkan hingga ribuan relawan.

“Kami butuh 1.000 relawan sampai sepekan ke depan. Saya kira 253 relawan yang dikirim di sana semuanya rescue, sebagian baru buat dapur umum,” terangnya.

Berdasarkan pantauan lapangan, ACT melaporkan bahwa banyak kendala yang dialami para relawan dan pasokan logistik. Sebab, akses jalan, transportasi, bahan bakar, dan komunikasi benar-benar lumpuh selama tiga hari sejak kejadian.

“Ini yang cukup jadi ujian besar bangsa ini. Memberikan bantuan pertolongan dalam situasi seberat ini. Transportasi, komunikasi lumpuh, BBM tidak ada. Pemerintah kerja besar, listrik dijanjikan kembali normal dua hari ini,” tutur Ahyudin.

Dalam konferensi pers ini, ACT juga mengumumkan pemberian donasi dari dua perusahaan, yakni OPPO Indonesia dan J&T Express dengan total Rp 6 miliar. 

Editor : Kuswandi

Reporter : (yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
5.000 Ton Beras dan Makanan Siap Saji Akan Dikirim ke Sulteng