alexametrics
Laporan Naufal Widi dari Makkah

Rombongan Amirul Hajj Tiba, Cek Layanan dan Beri Semangat Petugas

1 Juli 2022, 12:49:47 WIB

JawaPos.com – Delegasi Rombongan Amirul Hajj telah tiba di Tanah Suci pada Kamis (30/6) menjelang tengah malam. Pesawat Garuda Indonesia yang membawa rombongan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 23.03 waktu Arab Saudi. Dipimpin Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi. Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Amirul Hajj akan menyusul pada 3 Juli 2022.

Tampak menyambut Wamenag Zainut Tauhid dan rombongan di Jeddah, antara lain, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief. Ada pula Ketua PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat dan Wakil Ketua PPIH Arab Saudi yang juga Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Wamenag Zainut menuturkan, rombongan Amirul Hajj akan melakukan pemantauan kegiatan ibadah haji, baik di Makkah maupun di Madinah. ”Kami akan mulai nanti sore (Jumat, 1/7),” kata Zainut.

Seluruh layanan bagi jemaah haji Indonesia juga dipantau. Mulai akomodasi, katering, dan layanan-layanan lainnya. Amirul Hajj juga akan melihat kedatangan jemaah Indonesia hingga kloter yang terakhir. ”Kami harus pastikan seluruh jemaah itu bisa berangkat, baik yang reguler maupun yang menggunakan perjalanan haji khusus. Kemudian, penerbangan tersedia dengan baik,” terang Zainut.

Sejauh ini, lanjut Zainut, pelayanan berjalan dengan baik. Berdasar laporan yang diterima dari sejumlah jemaah, ada peningkatan layanan. ”Mungkin karena dua tahun tidak ada pengiriman jemaah haji, kami jadi bisa melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan, sehingga jemaah bisa mendapat pelayanan yang baik untuk haji 2022,” paparnya.

Sebelumnya, setelah pelaksanaan sidang isbat penetapan 1 Zulhijjah, Menag Yaqut memimpin rapat persiapan jelang pemberangkatan rombongan Amirul Hajj. Yaqut meminta delegasi Amirul Hajj dapat memicu semangat petugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah haji Indonesia. ’’Petugas harus disuntik semangatnya untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia,’’ kata Yaqut.

Rombongan Amirul Hajj terdiri atas sejumlah ormas keagamaan Islam dan instansi lainnya. Dari NU diwakili Muhammad Hilal Al Aidid dan dari Muhammadiyah ada Agus Taufiqurrahman. Lalu ada, Ali Hasan Bahar (UIN Jakarta), Arif Fachruddin (MUI), Uyun Kamiluddin (Persatuan Islam), dan Masyhuri Khamis Ahmad Kasim (Al Washliyah). Berikutnya, Faisol Nasar (Al Irsyad), Mohammad Mukri Wiryosumarto (UIN Raden Inten Lampung), Muhammad Khoirul Muttaqin (Kemenko PMK), dan Oscar Primadi (Kementerian Kesehatan).

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini: