Dewas KPK Tetap Sidangkan Lili Meski Dikabarkan Mengundurkan Diri

1 Juli 2022, 10:16:05 WIB

JawaPos.com – Kabar adanya pengunduran diri Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar menyeruak di kalangan pegawai KPK. Lili dikabarkan memutuskan mundur dari kursi Wakil Ketua KPK, di tengah Dewas KPK mengusut dugaan penerimaan tiket nonton MotoGP Mandalika yang diterima dirinya dan sejumlah koleganya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com, surat pengunduran diri tersebut sudah diajukan ke Ketua KPK Firli Bahuri. Kabar lain mengatakan jika surat tersebut sudah sampai di Istana Negara. Dikonfirmasi hal tersebut, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku tak tahu, terkait informasi pengunduran Lili tersebut.

“Wah aku belum tahu,” kata Firli kepada awak media Jumat (1/7).

Sementara staf khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini menyatakan, pihaknya belum mengetahui adanya surat pengunduran diri dari Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. “Lagi aku cek ya,” kata Faldo.

Sementara itu, JawaPos.com sudah berusaha mengonfirmasi kepada Lili Pintauli Siregar. Namun, nomor telepon Lili tidak bisa dihubungi.

Terpisah, dikonfirmasi terkait isu pengunduran diri Lili, Anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho pun menampik jika Dewan Pengawas KPK menawarkan pengunduran diri kepada Lili Pintauli Siregar. Albertina menegaskan, sidang etik tetap akan digelar pada Selasa (5/7) mendatang.

Dugaan pelanggaran etik ini digelar karena Lili ditengarai mendapatkan fasilitas menonton MotoGP Mandalika sejak 18 sampai 20 Maret 2022 pada Grandstand Premium Zona A-Red. Selain itu, Lili juga mendapatkan fasilitas menginap di Amber Lombok Resort pada 16 Maret sampai 22 Maret 2022.

“Dari mana info ini? Tidak ada penawaran dari Dewas (Lili mundur-Red). Dewas akan sidang tanggal 5 Juli 2022,” ucap Albertina kepada JawaPos.com, Jumat (1/7).

Senada juga disampaikan Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris. Dia mengutarakan, pihaknya akan melakukan sidang etik terhadap Lili pada Selasa (5/7) mendatang.

“Sidang etik bagi LPS dijadwalkan pada 5 Juli 2022,” tegas Syamsuddin.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: