alexametrics

Datang ke Emirat Arab, Prabowo Teken Kerja Sama Industri Pertahanan

1 Juli 2022, 12:59:44 WIB

JawaPos.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Menhan Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Ahmed Al Bowardim.

Prabowo juga turut membawa perusahaan industri pertahanan dalam negeri dalam kegiatan ini. Seperti PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, dan PT Len Industri. Prabowo dengan Menhan UEA sepakat menandatangani beberapa kerja sama.

“Kerja sama di bidang pertahanan, khususnya industri pertahanan sangat penting bagi kedua negara, terutama untuk pengembangan industri pertahanan di masa depan,” ujar Prabowo.

Pada kesempatan tersebut, ditandatangani kerja sama antara PT PAL Indonesia dan pemerintah UEA, juga antara PT DI dan PT Pindad masing-masing dengan swasta UEA.

Sedangkan Prabowo dan Menhan UEA menandatangani protokol kerja sama pengembangan industri pertahanan antara Indonesia dan UEA. Kerja sama ini bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan kerja sama bilateral di bidang industri pertahanan antara kedua belah pihak, serta merencanakan dan mengembangkan kemampuan industri yang saling menguntungkan.

Dalam protokol tersebut terdapat beberapa cakupan di antaranya adalah merumuskan strategi untuk meningkatkan keselarasan perencanaan strategis industri pertahanan kedua negara dan merumuskan kebijakan untuk memungkinkan penelitian dan pengembangan bersama, produksi bersama, pemasaran internasional, program offset nasional, izin teknologi, penyediaan bakat internasional, dan investasi SDM.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: