alexametrics

Beli BBM Pakai MyPertamina, Kritik Pakar: Bangun Aplikasi Butuh Waktu

1 Juli 2022, 07:50:18 WIB

JawaPos.com – Dalam waktu yang lumayan singkat, pemerintah memutuskan bahwa per 1 Juli 2022, masyarakat khususnya pengguna roda empat yang ingin menggunakan BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar harus mendaftar ke laman Subsidi Tepat MyPertamina. Setelah mendaftar, kabarnya juga transaksi dan pendataan akan dilakukan lewat aplikasi MyPertamina yang sudah tersedia di perangkat iOS dan Android.

Hal ini kontan bikin masyarakat bingung. Ditambah pemerintah dalam waktu berdekatan juga memaksa masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah untuk melakukan scanning via aplikasi PeduliLindungi.

Menanggapi hal ini, pakar sistem informasi dan keamanan siber Alfons Tanujaya berpendapat, Pertamina tidak memiliki hak untuk membatasi pembeli BBM bersubsidi dan hanya pelaksana. Menurut peneliti keamanan siber Vaksincom ini, wewenang ada di BPH Migas.

“Sampai hari ini, BPH Migas belum mengeluarkan informasi yang jelas kendaraan jenis apa, tahun berapa, berapa CC, digunakan untuk apa yang boleh dan tidak boleh menggunakan BBM bersubsidi,” terangnya kepada JawaPos.com melalui pesan singkat.

Alfons menilai, hal ini terlalu terburu-buru dan minim sosialisasi. Sebagai praktisi teknologi yang juga bergelut pada pembuatan dan pengelolaan sistem komputer, Alfons mengatakan bahwa membangun satu sistem dalam hal ini aplikasi tidak seperti membangun candi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: