alexametrics

Khofifah-Emil Menangi Pilgub, AHY: Faktor Figur Sangat Menentukan

1 Juli 2018, 17:32:13 WIB

JawaPos.com – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 sebagai salah satu kisah sukses pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Hal itu terlihat dari berbagai lembaga hitung cepat yang menunjukkan paslon nomor urut 1 itu menang secara mutlak. 

Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat ini mengaku cukup terkejut dengan kemenangan Khofifah-Emil dengan selisih hampir 10 persen dengan pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Sebab, berdasarkan kalkulasi dukungan dari seluruh partai pengusung, Khofifah-Emil hanya 42 persen.

“Sedangkan perolehan suara yang didata oleh KPU sampai detik ini sudah mendapatkan angka 53 lebih. Artinya, ada peningkatan jumlah konstituen. Jadi ada pergeseran jumlah konstituen sekitar 11 persen dari paslon nomor 2 ke paslon nomor 1,” kata AHY usai menggelar pertemuan dengan Khofifah di kediaman Khofifah, Jemur Wonosari, Surabaya, Minggu, (1/7).

Oleh karenanya, AHY menilai, faktor figur itu sangat menentukan hasil kemenangan. Menurut AHY, ketokohan Khofifah sebagai Ketua Umum Muslimat NU cukup memberikan kontribusi yang cukup besar, kemudian ditopang dengan figur Emil yang masih muda, pintar serta menjadi magnet bagi kalangan pemilih pemula.

“Semua bergantung pada tokoh dan figur yang diusung oleh partai-partai. Kami bersyukur Ibu Khofifah dan Mas Emil dapat meraih suara signifikan. Menangnya pun dalam dukungan suara yang solid,” imbuhnya.

Selain itu, AHY juga menyebut kemenangan Khofifah-Emil ini sebagai bentuk kemenangan rakyat Jawa Timur. AHY juga yakin, Khofifah-Emil sudah mengakhiri kompetisi ini dengan baik.

“kami yakin Ibu Khofifah, Mas Emil akan melakukan rekonsiliasi dengan semua pihak, kompetisi sudah usai. Sama sama membangun Jatim ke depan,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)


Close Ads
Khofifah-Emil Menangi Pilgub, AHY: Faktor Figur Sangat Menentukan