alexametrics

Server Down, Pendaftaran UTBK Ditunda Hingga Pengumuman Lebih Lanjut

1 Maret 2019, 22:51:39 WIB

JawaPos.com – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 ditunda. Itu terjadi akibat kendala teknis pada laman ltmpt.ac.id. Para calon mahasiswa baru pun diminta menunggu hingga pengumuman berikutnya.

Hal itu diungkapkan dalam akun media sosial resmi Sekretariat SBMPTN yang dimiliki penyelenggara tes, yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Sistem Pendaftaran UTBK LTMPT untuk sementara akan dilakukan pemeliharaan. Untuk itu diharap menunggu sampai ada pengumuman berikutnya,” demikian tertulis Sekretariat SBMPTN dalam akun Twitter @SekreSBMPTN, Jumat (1/3) sore tadi.

Ketua LTMPT Ravik Karsidi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, pemeliharaan lama tersebut bertujuan untuk mitigasi data demi kenyamanan dan keakuratan siswa dalam mendaftar UTBK.

“Untuk itu diharapkan semua peserta menunggu hingga ada pengumuman lebih lanjut. Harapannya pada jam 21.00 WIB mitigasi data bisa diselesaikan,” ujar Ravik melalui keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Jumat malam.

Namun demikian, pantauan JawaPos.com pada pukul 22.15 WIB, laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id masih belum bisa diakses meski sudah berkali-kali di-refresh.

Sebagaimana diketahui, mulai 2019 UTBK menjadi salah satu syarat calon mahasiswa baru sebelum mendaftar SBMPTN. Para peserta diperbolehkan mengukuti tes maksimum dua kali dengan syarat mendaftar pada gelombang pertama dan gelombang kedua.

“Jika hanya mendaftar di gelombang kedua berarti hanya mengikuti satu kali tes,” ujar Koordinator Pelaksana Teknis LTMPT Budi Prasetyo.

Selanjutnya, peserta bisa menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar SBMPTN. Setiap siswa dipersilakan untuk memilih dua program studi dari satu atau dua PTN.

Adapun pendaftaran UTBK gelombang pertama yaitu 1-24 Maret dengan waktu pelaksanaan tes pada 13 April-4 Mei 2019. Kemudian, pendaftaran UTBK gelombang kedua dilakukan mulai 25 Maret-1 April dan tesnya akan dilaksanakan pada 11 Mei – 26 Mei 2019.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Yesika Dinta



Close Ads
Server Down, Pendaftaran UTBK Ditunda Hingga Pengumuman Lebih Lanjut