alexametrics

Banjir Terjang Jabodetabek, DPR: BPBD Tidak Bisa Bekerja Sendirian

1 Januari 2020, 17:46:45 WIB

JawaPos.com – Wilayah Jabodetabek tengah dilanda banjir hari ini, Rabu (1/1). Untuk penanganan bencana ini diperlukan kerja sama dari banyak pihak.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mengatakan, kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk penanganan banjir. Artinya, bencana banjir tidak bisa hanya dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja.

“Diperlukan koordinasi dengan BPBD, Kementerian Sosial serta dinas sosial untuk melakukan tanggap darurat,” kata Ace saat dihubungi, Rabu (1/1).

Politikus Partai Golkar ini mengingatkan, dinas sosial di daerah masing-masing agar siap siaga menghadapi banjir yang sering terjadi saat musim penghujan di Jabodetabek.

“Jadi mempersipakan posko-posko yang ditujukan sebagai tempat mengungsi, diharapkan kementerian sosial menyedikan logistik, konsumsi, dan pelayanan kesehatan‎,” ujarnya.

Sejauh ini, menurut Ace, BNPB sudah cukup baik dalam bekerja terkait penanganan banjir. Sementara yang diperlukan sekarang ini adalah koordinasinya saja dalam banjir di Jabodetabek ini.

“BNPB sudah sangat baik bekerja memantau perkembangan bencana banjir. Tapi penanganan ini tidak bisa dilakukan sendiri,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads