alexametrics

Longsor Sukabumi, 2 Orang Meninggal, 41 Orang Hilang

1 Januari 2019, 11:25:02 WIB

JawaPos.com – Pada penghujung tahun 2018 musibah kembali terjadi, kali ini di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi terjadi longsor pada Senini (31/12) pukul 17.30 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam cuitannya di Twitter sekitar 34 rumah tertimbun tanah. Data tersebut tercatat hingga Selasa (1/1) pukul 02.30 WIB.

“Tercatat dua orang meninggal, 34 rumah tertimbun tanah,” kata Sutopo, Selasa (1/1).

Selain itu, sebanyak tiga orang dikabarkan mengalami luka-luka, 61 orang mengungsi, serta 41 orang dinyatakan hilang.

“Evakuasi korban longsor terus dilakukan di Desa Sirnaresmi Kec Cisolok Kab Sukabumi. Hingga (1/1) pukul 02.30 WIB tercatat 32 KK (107 jiwa) terdampak,” ucapnya.

Longsor ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi. Bahkan akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu, dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi.

Tak hanya itu, aliran listrik di lokasi terdampak juga terputus dan komunikasi selular juga sulit. Komunikasi dengan tim di lapangan hanya bisa menggunakan radio komunikasi handy talkie yang merupakan jaringan lokal point to point.

“Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Sukabumi bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan, dan masyarakat bersama melakukan pencarian dan penyelamatan korban,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (rdw/JPC)



Close Ads
Longsor Sukabumi, 2 Orang Meninggal, 41 Orang Hilang