alexametrics

Ayam Berbulu Musang

Oleh SUJIWO TEJO
26 September 2021, 10:05:42 WIB

Sastro nyemoni gaya bicara Jendro yang nyerocos banget. Lebih cepat dan lebih oleng-oleng dari mobil angkutan cabai. Sejak itu gaya tutur istri kesayangannya ini tak memberondong lagi. Kalimat-kalimatnya berangsur new normal. Titik dan komanya mulai ada. Malah sering titik-titiknya banyak sekali.

DULU Sastro juga pernah nyemoni. Katanya, cara ngomong Jendro secepat motor Rossi. Alih-alih tersindir, Jendro malah bangga. Apakah di mata Jendro martabat sopir angkutan lombok jauh lebih rendah dibanding martabat pembalap asal Italia itu? Jendro tersinggung, tak mau direndahkan?

Gara-garanya pasti tak itu. Sejak kecil Jendro terlatih tak membeda-bedakan makhluk. Rossi dan sopir cabai sama saja. Semua setara. Kucing anggota DPR yang dana resesnya digunakan secara tertib maupun kucing anggota DPR yang dana resesnya dipakai secara ugal-ugalan seperti sopir mobil cabai sama-sama Jendro panggil ”Kiai”. Ini seperti cara kaum sebelum kita menyapa famili kucing, macan, bila kepergok di rimba.

Mudah dipastikan bukan lantaran diskriminasi itu Jendro berubah gaya bicaranya. Wong jauh di lubuk hatinya Jendro tak memandang rendah sopir lombok. Ia bisa memaklumi, sopir cabang atletik ngangkut lombok itu harus segera sampai tujuan. Bukan karena ugal-ugalan. Maklumilah, cabai tak seperti kenangan. Cabai cepat busuk. Telat sedikit. Terjun bebas harganya.

***

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads