alexametrics

Kita Ini Malas atau Tak Ada Kesempatan?

Oleh EKA KURNIAWAN*
28 November 2021, 06:12:03 WIB

Ibu tua yang bantu-bantu di rumah sering merasa bahwa harga minuman yang dipesan layanan antar seharga Rp 55.000 itu tak masuk akal. Pada saat yang sama, saya suka menganggap Elon Musk sedikit gila.

GILA karena bisa punya perusahaan yang mengirimkan satelit ke angkasa. Karena dengan obsesinya, tak lama lagi perjalanan menuju planet lain menjadi hal biasa. Karena ia menjalani hidup yang saya angankan ketika kecil.

Imajinasi tentang petualangan angkasa, setidaknya bagi saya, dibangun melalui bacaan komik fiksi-sains-fantasi. Salah satunya dari komik Storm karya Don Lawrence.

Meskipun komik itu lebih banyak fantasinya ketimbang sainsnya, bagi imajinasi kekanak-kanakan saya, cukup untuk melemparkan angan bahwa di masa depan petualangan semacam itu bakal terjadi.

Imajinasi yang sama bisa dibangun melalui novel War of the Worlds karya H.G. Wells. Atau, jika itu bikin kita ketakutan kepada dunia yang asing, film macam E.T. karya Steven Spielberg bisa jadi bikin kita ingin berkenalan dengan makhluk ekstraterestrial.

Baca juga:
Horor Bahasa

Editor : Ilham Safutra




Close Ads